Dapat dolar gratiss.. tak kasih tau carane yo

Senin, 20 April 2009

TALENT (BAKAT)

Aspek aspek psikologis yang dimiliki oleh setiap individu merupakan potensi sekaligus penggerak seseorang dalam berperilaku dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan di dalam kehidupannya.
Salah satu yang dimiliki oleh seseorang adalah BAKAT. Fungsi bakat di dalam hal ini adalah sebagai
Piranti yang diberikan Tuhan yang menunjukkan bahwa manusia memiliki potensi, kelebihan masing-masing untuk dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mensejahterakan kehidupan mereka.
Chaplin (1972) menyatakan bakat adalah kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang. Degan demikian orang yang memiliki bakat tertent berpotensi untuk mencapai prestasi sampai ke tingat tertentu sesuai dengan kapasitas masing-masing. Seseorang akan memiliki kemampuan untuk melakukan tugas tertentu dan memiliki kemungkinan lebih cepat menguasai kemampuan tersebut ketika dalam proses belajar. Bakat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam belajar kemampuan tertentu tersebut.
Konsep dari bakat disebutkan sebelumnya sebagai kesiapan untuk belajar pada situasi pembelajaran atas konatif dan afektif sebaik sumber kognitif sebelumnya yang disebut sebagai sumber bakat. Kemudian pertanyaannya adalah apakah mereka yang dianggap tidak berbakat dalam bidang tertentu akan “tidak lebih” berhasil dalam proses pembelajaran ? Hal inilah seorang psikolog harus mencermatinya, bahwa banyak factor mempengaruhi seseorang dalam proses learning itu sendiri. Sehingga bakat, sekalipun merupakan salah satu predictor, tetap bukan merupakan satu-satunya.
Beberapa hal yang juga perlu dipertimbangkan dalam membicarakan BAKAT, antara lain factor inteligensi, motivasi, minat dan juga model pengukuran bakat serta model pembelajaran bakat itu sendiri.

1 komentar:

  1. Kunjungi http://komikstrips.multiply.com/ , sepuluh pengunjung pertama akan mendapat hadiah berupa payung cantik dan rantang empat susun, hadiah langsung dapat diambik di puskesmas terdekat, di daerahnya masing masing.

    BalasHapus