Dapat dolar gratiss.. tak kasih tau carane yo

Senin, 20 April 2009

TEORI-TEORI KOGNITIF

TEORI-TEORI KOGNITIF
Dua teori kognitif yang penting ialah teori perkembangan kognitif Piaget dan teori pemrosesan informasi

2.1. Teori Piaget
Pakar psikologi Swiss terkenal, Jean Piaget (1896-1980) menekankan bahwa anak-anak membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri; informasi tidak sekadar dituangkan kedalam pikiran mereka dari lingkungan. Piaget yakin bahwa anak-anak menyesuaikan pemikiran mereka untuk mencakup gagasan-gagasan baru, karena informasi tambahan memajukan pemahaman. Dalam pandangan Piaget, dua proses yang mendasari perkembangan dunia individu ialah pengorganisasian dan penyesuaian. Piaget (1954) yakin bahwa kita menyesuaikan diri dalam dua cara : asimilasi dan akomodasi.

1. Asimilasi (assimilation)
Terjadi ketika individu menggabungkan informasi baru kedalam pengetahuan mereka yang sudah ada.
2. Akomodasi (accomodation)
Terjadi ketika individu menyesuaikan diri dengan informasi baru.


Piaget juga yakin bahwa kita melampaui empat tahap dalam memahami dunia. Masing-masing tahap terkait dengan usia dan terdiri dari cara berpikir yang khas/berbeda.

1. Tahap sensorimotor (sensorimotor stage), yang berlangsung dari kelahiran hingga usia 2 tahun, merupakan ahap pertama Piaget. Pada tahap ini, bayi membangun suatu pemahaman tentang dunia dengan mengkoordinasikan pengalaman-pengalaman sensor (seperti melihat dan mendengar) dengan tindakan-tindakan motorik fisik-oleh karena itulah istilahnya sensorimotor.

2. Tahap praoperasional (preoperational stage), yang berlangsung kira-kira dari usia 2 hingga 7 tahun, merupakan tahap kedua Piaget. Pada tahap ini, anak-anak mulai melukiskan dunia dengan kata-kata dan gambar-gambar.

3. Tahap operasional konkret (concrete operational stage), yang berlangsung kira-kira dari usia 7 hingga 11 tahun, merupakan tahap ketiga Piaget. Pada tahap ini, anak-anak dapat melaksanakan operasi, dan penalaran logis menggantikan pemikiran intuitif sejauh pemikiran dapat diterapkan kedalam contoh-contoh yang spesifik atau konkret.

4. Tahap operasional formal (formal operational stage), yang tampak dari usia 11 hingga 15 tahun, merupakan tahap keempat dan terakhir Piaget. Pada tahap ini, individu melampaui dunia nyata, pengalaman-pengalaman konkret dan berpikir secara abstrak dan lebih logis.

2.2 Teori Pendekatan Pemrosesan Informasi
Pendekatan pemrosesan informasi (information-processing approach) berkaitan dengan bagaimana individu memproses informasi tentang dunia mereka-bagaimana informasi masuk kedalam pikiran, bagaimana informasi disimpan dan disebarkan, dan bagaimana informasi diambil kembali untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang kompleks seperti memecahkan masalah dan berpikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar