Dapat dolar gratiss.. tak kasih tau carane yo

Rabu, 13 Juni 2012

nasi liwet sukabumi ala mami serli

istri yang hamil eh malah aku yang ngidam..
jadi teringat masakan di sukabumi. apalagi pas budaya mau puasa ngeliwet rame2 kwkwkwk
kebersamaan plus bakar ikan dan tentu saja nasi yang tak aku temukan di jawa "padahal ini menurut saya cocok juga untuk lidah orang ponorogo..
barusan di telepon sama mami serli mami kos sewaktu disukabumi.. dan ini saya bagi resepnya deh buat semuanya.. asli enak banget gan!! saya modifikasi sama liat di situs resep masakan

Bahan :
 Beras 2 gelas biasa
 Air Panas 4 gelas biasa

Bumbu :
1 sendik teh garam
6 btr bawang merah
 3 sdm minyak goreng atau margarin
3 lb daun salam
(aku tambah 1 batang sereh di geprek)

Tumis Teri :
5 siung bawang merah (didiris)
1 ons teri medan (aku pakai ikan gabus asin, di goreng dulu, lalu di pukul2 sampai memar, dan di suwir2 kasar)
2 btg daun bawang (iris tipis)
1 buah cabe merah besa
1 buah cabe ijo
20 buah cabe rawit
4 sdm minyak sayur (aku pakai 2 sdm saja)
Daun pisang secukupnya (2 atau 3 lbr lingkaran 15 cm/tergantung ukuran panci)

Directions:
1. Beras dicuci dan ditiriskan..sisihkan
2. Tumis bawang merah hingga harum di wajan
3. Masukan beras, hasil tumisan bawang merah tadi dan di aduk sebentar, tambahkan air panas, garam, daun salam dan sereh kedalam rice coker.
4. tunggu rice koker matang, aduk sesekali.
5. seetelah agak matang dikit masukkan toping teri/Ikan gabus yang sudah ditumis diatas nasi dan dialasi dengan daun pisang.
6. Masak sampai nasi matang ± 15-20 menit. Total memasak nasi adalah 35 menit.
7. Sajikan selagi hangat

Tumis teri :
- Teri, dicuci, tiriskan
(kalau pakai ikan gabus, cuci ikan, goreng sampai kuning, tiriskan, memarkan dengan di pukul2, lalu di suwir kasar)
- Goreng teri dan bawang merah setengah matang. Kemudian tambahkan cabe ijo dan merah iris serta bahan lainnya, aduk rata.
(kalau pakai ikan gabus, goreng bawang merah sampai harum, tambahkan cabe, ikan dan bahan lainnya, aduk rata)
- Angkat dan masukan ke dalam panci yg berisi nasi.

1 komentar: